Social Network

Atap Kaca Skylight

Atap Kaca Skylight

Saat ini di luar fungsi utamanya, Atap Kaca Skylight juga banyak diterapkan pada rumah-rumah,mungkin juga bisa diterapkan di gedung,kantor,cafe bergaya modern untuk membuat efek-efek cahaya yang dramatis pada ruangan di bawahnya, serta memperkuat kesan modern pada bangunan.

Atap Kaca Skylight ditujukan untuk mendapatkan cahaya alami UV, yang juga berfungsi sebagai penerangan dalam sebuah ruang. Pada awalnya fungsi Skylight ini terjadi karena ada ruang dalam bangunan yang tidak bisa mendapatkan cahaya langsung dari luar.Seiring perkembangan waktu, kini Skylight tak hanya bisa dimanfaatkan sebagai model pencahayaan ruangan, tetapi juga berkembang menjadi panoramic roof yang banyak diaplikasikan dalam bentuk kanopi.

Atap Kaca Skylight adalah kanopi kaca dalam bentuk jendela horizontal atau kubah dan umumnya ditempatkan di atap bangunan, dengan maksud untuk pencahayaan ruang. Skylight diakui lebih banyak memasukan cahaya persatuan luas dibanding dengan jendela, dan mendistribusikan cahaya secara lebih merata.Pengaplikasian Skylight dapat melayani banyak tujuan, diantaranya dapat

mencerahkan ruangan kusam atau gelap secara alami yaitu dengan membiarkan sinar matahari masuk kedalam, juga dapat meningkatkan desain ruang yang tak bernyawa, serta dapat membantu mengatur suhu dalam ruang.

PEMILIHAN MATRIAL PEMBENTUKNYA
Karena fungsinya sebagai bukaan pada rumah, bahan yang dipakai pada skylight menggunakan bahan yang transparan seperti kaca, plastik polikarbonat dan fiber. Gunakanlah bahan yang kuat namun ringan, sehingga dapat mengurangi beban pada atap yang nantinya bisa memicu keretakan dan kebocoran. Jika bahan kaca ingin Anda gunakan sebagai atapnya, pilih kaca jenis tempered yang mempunyai kekuatan lebih daripada jenis kaca lain. Intensitas cahaya yang masuk ke dalam rumah bisa Anda atur sesuai dengan keinginan agar ruangan tidak terlalu panas dengan cara memberikan lapisan pada bahan atap berupa sandblast ataupun sticker film . Penambahan kisi-kisi kayu pada atap kaca skylight akan memberikan efek bayangan yang menarik jika terpapar sinar matahari pada siang hari.

KOMPONEN INSTALASI SKYLIGHT
Dua hal pokok ini harus Anda pehatikan baik-baik saat membuat atap skylight.

Pertama, buatlah lubang sesuai dengan ukuran yang telah Anda rencanakan pada tempat yang telah ditentukan. Selanjutnya, untuk membuat bukaan Anda bisa memasang rangka skylight yang telah disiapkan pada spot yang telah Anda tentukan.

Terakhir, pasang light shaft (lubang cahaya) sebagai penghubung antara langit-langit dan atap. Sebagai finishing, Anda bisa menggunakan drywall ataupun bahan lainnya yang dipakai sebagi finishing guna menutupi lubang cahaya serta memberikan sekat pada area loteng.

Tagged:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *